Tuesday, November 22, 2011

Task .. Oh my ! (part II)


Okeeeh kita ngbahas tugas lagi, sebelumya gua post tentang tugas “PROCEDURE” nya Mr. Fuad . Sekarang juga gua masih mau ngbahas tugasnya mr, tugas akhir tahun yang waktu itu bulan April. Jadi dalam waktu 1 bulan kita harus interview 10 foreigner, dan 5 guru, with English lah pastinya. Seperti biasa kita harus bikin teks dengan ketentuan harus ada kop sekolah, lambang DELTA, 15 topik yang akan di bahas dan di samping masing-masing topik di sediakan kotak/garis untuk tanda tangan narasumber (topiknya juga di tentuin! 5 topik tentang politik, 5 topik tentang pendidikan, dan 5 topik lainnya bebas! Tapi bukan mr kalau topiknya ga di bikin ribet. Jadi topik yang kita bikin harus menimbulkan banyak pertanyaan), ga lupa nama dan kelas kita di pojok kiri bawah, dan di pojok kanan bawah harus ada tempat untuk nama dan persetujuan mr (tanda tangannya), semua itu harus cukup dalam 1 lembar kertas A4, dan di ketik rapih. Seperti biasa, semuaga langsung di tanda tangan. 1 topik aja ga di setujui langsung di suruh ulangi. Untungnya waktu itu gua bernasib luckly banget, jadi punya gua langsung dapet tanda tangannya mr. Cukup lega sampe situ, tapi perjalanan masih panjang banget.
Awalnya gua mulai dari interview guru, huuuaaa ... ternyata dari 5 guru yang di interview cuma 1 yang mau di interview pake bhs. Inggris yang lainnya minta di interview pake bhs. Indonesia aja,ntar summary nya gua harus translate ke bhs. Inggris. Setiap selesai interview 2 guru, kita harus minta tanda tangannya, dan foto bareng sama guru itu sebagai bukti yang nantinya bakal di masukin ke Summary . huaaa .. nambahin kerjaan aja kan?! Emang repooot dasar -,-“
Setelah 5 guru selesai, mulai mencari foreigner. Hari pertama(kalau ga salah hari Kamis) gua minta di temenin kaka kelas gua 1 org cewek, dari jam 4 sore sampe jam 8 malem gua cuma dapet 2 foreigner yang bersedia di interview. Kalau sama foreigner di saat interview harus di video, selesai di video kita foto bareng sama foreignernya, setelah itu foreignernya harus tanda tangan. Ribeeeeettss bangeeet kan ? Okay , 1 minggu setelah hari pertama itu (sekitar hari Rabu), karna hari itu kebetulan sekolah gua libur, gua manfaatin pergi ke bandara soekarno-hatta. Di sana janjian sama temen-temen gua yang lain. Dari sekitar jam 9 pagi sampe jam 2 siang gua cuma dapet 6 foreigner yang mau di interview. Gua Cuma muter-muter di terminal F kalau ga salah, tapi lo tau kan luas banget tuh bandara, dari bagian keberangkatan sampai kedatangan , dari ujung sampe ujung lagi gua jelajahi demi foreigner yang bersedia meluangkan waktunya 3 menit buat di interview. Kaki gua rasanya pegeeeeeeeeeeeeeeel banget! Rasanya pengen gua copot sebentar itu kaki .. Eeeerrgghh .. Okay, gua masih sisa 2 foreigner, akhirnya beberapa hari setelah itu (kalau ga salah hari Selasa) gua minta temenin Manda temen gua yang udah selesai buat nemenin gua cari 2 foreigner. Dari sekitar jam 4 lewat sampe jam 6 lewat akhirnya gua nemuin 2 foreigner yang bersedia di interview. Seneeeengg banget doong, walaupun baru setengahnya selesai ..
Waktu itu, gua udah selesai 10 foreigner dan 4 guru . Karna sengaja 1 guru lagi gua sisain buat mr. Karna katanya mr yang bisa interview beliau dia pasti dapet nilai bagus di rapot. Yaaaah lumayan kan, soalnya setiap ulangan harian dalam 1 semester (6 bulan) cuma 1x lulus, gara-gara soalnya dewa banget! Susah guys .. Temen gua yang pinter bhs. Inggris aja sering di remed juga .. So, gua tertantang buat interview mr doong ! dari 48 siswa (2 kelas SBI-yang siswanya cuma 24 satu kelasnya) hanya 3 orang kalau ga salah yang berani minta mr. Jelas ga gampang dapetnya! Stiap hari gua sama 2 temen gua itu ngejar-ngejar si mr, nanyain kapan interview, sampe gua samperin ke tempat lesnya dengan jalan kaki sama temen gua (lumayan jauh sih tempatnya, tapi ga punya ongkos banyak.. hehe) tapi akhirnya beliau ngasih waktu juga buat kita. Di hari H yang harusnya kita ngumpulin Summary gua baru dapet interview mr, jadi sama mr gua sama ke 2 temen gua itu dapet bonus 1 hari.
Bikin summarynya juga ga gampang, listening from the interview’s video. Itu ribeeeeet banget, ga cukup 1 sampe 3x kita listening, tapi bisa lebih dari 10x, 1 lembar isinya buat 1 orang. 1 lembar itu harus mencakup, nama guru/foreigner, asal negara foreigner, judul interview, summary, dan terakhir foto kita dengan guru/foreigner. Summarynya di ketiik, di print out, setelah itu di masukkin ke dalam 1 map arsip bersamaan dengan 1 lembar teks topik yang ada tanda tangan, kop sekolah, dan persetujuan mr sebelumnya itu. Nah, video interviewnya di jadiin di satu folder atas nama kita, di kumpulin ke ketua kelas abis itu di jadiin 2 CD (24 siswa), terus di kumpulin ke mr nya deeh ..
      Huaaaa ribet banget kan? Itu baru sebagian tugas kok .. Tapi tugas dari Mr. itu selalu ribet, menguras tenaga, pikiran, dan hati dibandingkan guru-guru lain ..

1 comment:

  1. kan sesuai pepatah, bersusah2 dahulu mati kemudian.. eh salah, bersenang2 kemudian hahahaha

    ReplyDelete